MAKNA DAN FUNGSI API UNGGUN PADA KEGIATAN PRAMUKA

Posted by Pramuka UIN SUSKA RIAU on Sunday, May 3, 2015




Dalam sebuah perkemahan salah satu kegiatan yg paling di tunggu oleh peserta perkemahan adalah kegiatan api unggun. Tanpa adanya kegiatan api unggun, sebuah kegiatan perkemahan pramuka terasa se akan bagaikan sayur tanpa garam.Oleh karena itu kegiatan api unggun dalam sebuah perkemahan merupakan kegiatan yang paling di tunggu-tunggu oleh seluruh pramuka ketika mengadakan perkemahan.
Berikut ini beberapa makna yg dapat di capai ketika mengikuti kegiatan api unggun dalam sebuah perkemahan :

1.Mendapatkan kehangatan
            Tidak dapat di pungkiri, biasanya suasana di bumi perkemahan sangatlah dingin, apalagi ketika berkemah di daerah pegunungan, oleh karnanya api unggun merupakan salah satu solusinya.Dengan adanya api unggun ini para pramuka atau anggota yg berkemah akan mendapatkan kehangatan.

2.Menimbulkan Semangat
            Biasanya kegiatan api unggun di laksanakan pada malam-malam terakhir kegiatan perkemahan, di mana semua atau sebagian peserta telah merasa lelah, letih, capek dan jenuh. Nah, disini api unggun kembali menjadi solusi karna api unggun melambangkan kobaran semangat yang membara dan seakan-akan tidak boleh padam, begitu pula pramuka semangatnya janganlah sampai padam.Itulah sebabnya di dalam penyulutan api unggun biasanya di mulai dengan upacara untuk memberi kesempatan kepada seluruh peserta untuk menghayati makna api unggun tersebut.

3.Mencari Kegembiraan
            Mengingat pada akhir perkemahan suasana peserta yg telah merasa lelah, letih, capek, dan jenuh sementara pramuka itu harus selalu senang dan bergembira, maka lagi-lagi api unggun menjawab permasalahan itu.Itu sebabnya ketika penyulutan api unggun selesai di lanjutkan dengan atraksi seni, baik itu menyanyi maupun keterampilan lainnya yg semuanya bertujuan untuk membuat semua yg hadir merasa senang dan melupakan rasa lelah,letih, capek dan jenuh yg di rasakannya.
sekian, semoga bermanfaat....

Blog, Updated at: 11:20 PM

6 komentar:

  1. kalo tujuan nya hanya itu saya rasa bisa di cari alternatif lain,.mengingat bumi kita sudah rusak karna asap pembakaran,..kl kita melaksanakan api unggun berarti ikut membantu setidaknya sedikit kerusakan lapisan bumi kita,.CINTA ALAM DAN KASIH SAYANG SESAMA MANUSIA ,jngan jadi pramuka yg bertentangan dengan Janji dan Satya nya,..Salam Pramuka

    ReplyDelete
  2. Saran yang bagus kk ari arlin...salam pramuka..

    ReplyDelete
  3. Tahu enggak!, ada 20 persamaan metode latihan Pramuka dan Ninja. Baca selengkapnya di "http://sekolah-ninja.blogspot.co.id/"

    ReplyDelete
  4. Bagaimana kalo ada orang yang bilang api unggu itu menyembah api seperti agama majusi

    ReplyDelete
  5. Sebelumnya saya minta maaf..kalo ada kegiatan api unggun dalam kegiatan Pramuka kalian tak ubah nya seperti kaum majusi..

    ReplyDelete

Mari sukseskan Orientasi Anggota Baru (OAB) Angkatan XXXI Gugusdepan 08-059 Gugusdepan 08-060 kota Pekanbaru UIN SUSKA RIAU